MU

5 Tempat Wisata di Pulau Nias Yang Wajib Anda Kunjungi

21 Apr 2021  |  68x | Ditulis oleh : Admin
5 Tempat Wisata di Pulau Nias Yang Wajib Anda Kunjungi

Kepulauan Nias yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya keindahan panorama alam, kebudayaan dan tradisi di Pulau Nias turut menjadi tujuan wisata. Banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tempat wisata di kepulauan tersebut, belum lagi dari segi kebudayaannya yang masih dilestarikan hingga sekarang. Tidak sedikit pula para wisatawan yang tertarik mengunjungi Nias karena kebudayaannya yang sangat menarik.

Berikut 5 tempat wisata kepulauan Nias yang wajib dikunjungi jika berkunjung kesana;

1. Pantai Tureloto

Pantai yang terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara ini adalah salah satu pantai yang terkena tsunami beberapa tahun silam. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menurunkan keindahan dari Pantai Turuleto.

Jika menyambangi pantai ini, anda akan disuguhkan keindahan berbagai jenis terumbu karang. Tidak hanya itu, air laut yang jernih dan pasir putih akan menyegarkan mata dan pikiran.

2. Pantai Gawu Soyo

Beda dengan pantai-pantai lainnya di Pulau Nias, Pantai Gawu Soyo menawarkan hamparan pasir pantai yang berwarna merah mudah. Paduan warna merah muda dan birunya air laut ini menghasilkan panorama yang sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Pulau Nias.

Objek wisata ini juga tidak lepas dari kisah legenda pemuda bernama Laowomaru yang berhasil membunuh naga di pantai ini. Darah dari naga itulah yang akhirnya membuat warna kemerahan pada pasir pantai.

3. Pulau Asu

Bagi kalangan wisatawan mancanegara, Pulau Asu sudah tidak asing didengar. Pasalnya, mereka menjuluki pulau ini sebagai Paradise on The Earth. Pulau ini merupakan salah satu di Kepulauan Hinako yang terletak di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Di pulau ini, anda bisa melakukan kegiatan snoorkling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut. Berbagai jenis terumbu karang, koral, dan ikan hias warna warni berpadu menjadi suguhan yang menawan.

4. Desa Bawomataluo

Tidak hanya keindahan pantai dan alam, Pulau Nias juga dikenal akan kebudayaannya. Desa Bawomataluo bisa menjadi referensi wisata untuk lebih mengenal kebudayaan dan tradisi masyarakat Pulai Nias.

Di desa ini, anda bisa melihat dan merasakan atmosfer desa adat dengan bangunan tradisional. Di sini juga bisa menyaksikan Hombo Batu atau lompat batu yang menjadi kebudayaan lokal Pulai Nias.

5. Air Terjun Humogo

Wisata alam di Pulau Nias tak melulu soal pantai dan lautan, Air Terjun Humogo bisa mejadi destinasi wisata favorit. Berada di lingkungan alam yang asri, anda bisa merasakan kesegaran suasana di kawasan air terjun ini.

Itulah beberapa wisata kepulauan nias yang wajib dikunjung, semuanya menyajikan keindahan alam dan juga kebudayaan yang masih terjaga.

Baca Juga: