RajaKomen

Cara Membuat Donat Kampung Anti Gagal untuk Menu Berbuka Puasa

15 Apr 2021  |  314x | Ditulis oleh : Admin
Cara Membuat Donat Kampung Anti Gagal untuk Menu Berbuka Puasa

Bulan ramadhan tidak akan jauh dari yang namanya takjil atau menu berbuka puasa, meskipun ramadhan di tahun ini berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya karena orang-orang harus mengikuti anjuran pemerintah untuk diam dirumah saja karena adanya pandemic covid-19. meskipun ramadhan berbeda pada tahun ini, tapi tentunya tetap menjalankan ibadah puasa dibulan ini dengan penuh suka cita dan semangat ramadhan!

Saat ramadhan semua umat muslim yang mampu diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, puasa yang dilakukan yaitu dari waktu matahari terbit sampai matahari terbenam. Di Indonesia setiap umat muslim biasanya memiliki beberapa tradisi saat bulan ramadhan, seperti pawai obor, ngabuburit dan pulang kampung saat lebaran tiba.

Untuk mengisi luang menunggu waktu berbuka puasa, pada artikel kali ini akan dibahas resep donat kampung anti gagal yang pastinya cocok untuk menu berbuka puasa. Langsung saja kita bahas bahan dan cara membuatnya!

Bahan-bahan:

- Tepung terigu sebanyak 250 gram

- Ragi instan sebanyak 1 sendok makan

- Gula pasir sebanyak 1 sendok makan

- Garam sebanyak ¼ sendok the

- Margarine sebanyak 1 sendo makan

- Air hangat sebanyak 140 ml

- Kuning telur sebanyak 1 butir

- Susu bubuk sebanyak 1 sendok makan

Cara membuat donat kampung anti gagal:

1. Langkah perama yaitu siapkan bahan-bahan yang akan digunakan.

2. Selanjutnya campurkan bahan biang yaitu dengan cara mencampurkan air hangat, ragi instan dan juga gula pasir. Aduk campuran hingga tercampur rata dan lalu diamkan selama kurang lebih sepuluh menit.

3. Langkah selanjutnya yaitu cara membuat roti.

4. Siapkan wadah, masukan tepung terigu, susu bubuk, kuning telur, garam, margarin dan juga bahan biang. Kemudian aduk dan uleni hingga adonan menjadi kalis dan kenyal.

5. Setelah adonan kalis, tutup wadah dengan menggunakan kain yang bersih dan diamkan adonan kurang lebih selama 25 menit hingga adonan mengembang.

6. Setelah 25 menit didiamkan dan adonan mengembang, ambil beberapa bagian adonan kemudian bentuk bulat-bulat dan beri bolongan pada tengah adonan dan simpan di dalam tempat kemudian diamkan kembali adonan yang sudah dibentuk bulat selama 25 menit.

7. Selanjutnya kalian bisa menyiapkan wajan atau alat penggorengan dengan minyak yang banyak.

8. Setelah minyak dirasa cukup panas, kalian bis alangsung menggoreng donat dengan menggunakan api yang sangat kecil.

9. Goreng donat hingga warnanya coklat kekuningan, kemudian angkat donat  yang sudah matang dan tiriskan minyak. Goreng seluruh adonan dengan cara yang sama,

10. Saat donat sudah ditiriskan dan minyak sudah tidak terlalu banyak menempel pada donat, kalian bisa mengolesi sedikit margarin dan menaburkan topping sesuai selera. topping yang digunakan bisa meses, gula halus, coklat cair atau bisa juga menaburkan keju parut diatasnya.

Itulah resep donat kampung anti gagal yang pastinya enak, apalagi dimakan bersama keluarga saat berbuka puasa. Selamat mencoba!

Baca Juga: