RajaKomen

Mengenal Tanaman Pegagan: Obat Herbal untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

4 Apr 2023  |  257x | Ditulis oleh : Admin
Daun Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk stres dan kecemasan. Tanaman ini dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai negara, seperti Gotu Kola di India dan Brahmi di Ayurveda. Pegagan mengandung senyawa aktif seperti triterpenoid, saponin, dan flavonoid yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh.

Mengatasi Stres dan Kecemasan dengan Pegagan

Stres dan kecemasan adalah masalah kesehatan mental yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan memicu masalah kesehatan lainnya, seperti depresi, gangguan tidur, dan masalah pencernaan. Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan pegagan dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Psychopharmacology and Neuroscience, disebutkan bahwa pegagan dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan. Studi tersebut melibatkan 33 orang dengan gejala kecemasan yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan suplemen pegagan, sedangkan kelompok lainnya diberikan plasebo. Setelah 2 minggu, kelompok yang diberikan suplemen pegagan melaporkan penurunan signifikan pada skor kecemasan mereka.

Selain itu, pegagan juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa konsumsi pegagan selama 6 minggu dapat meningkatkan kualitas tidur pada peserta studi.

Cara Mengonsumsi Pegagan

Pegagan dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk suplemen atau ramuan herbal. Anda dapat mencampurkan daun pegagan segar atau kering dengan air mendidih dan menyeruputnya seperti teh. Anda juga dapat menambahkan madu atau lemon untuk memberikan rasa yang lebih enak.

Selain itu, pegagan juga tersedia dalam bentuk suplemen kapsul atau tablet yang dapat ditemukan di toko obat atau toko herbal. Sebelum mengonsumsi pegagan dalam bentuk suplemen, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu.

Perhatian

Meskipun pegagan tergolong aman untuk dikonsumsi, namun tetap perlu berhati-hati dan memperhatikan dosis yang tepat. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, termasuk sakit kepala, mual, dan sakit perut. Jika mengalami efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya segera hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.

Kesimpulan

Pegagan merupakan tanaman obat herbal yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi stres dan kecemasan. Meskipun pegagan tergolong aman untuk dikonsumsi, namun tetap perlu berhati-hati dan memperhatikan dosis yang tepat. Beberapa studi menunjukkan efek positif pegagan dalam mengatasi stres, kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, sebelum mengonsumsi pegagan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa pengobatan herbal tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga: