rajabacklink

DPO Rudy Gunawan Ditangkap! Kinerja Sangat Baik dari Polda Metro Jaya Meringkus Penjahat Kerah Putih

2 Agu 2023  |  179x | Ditulis oleh : Admin
Rudy Gunawan

Jakarta, NR - Pada hari Jum'at, 28 Juli 2023, Polda Metro Jaya berhasil mengamankan tersangka RG, seorang penipu ulung yang telah menjadi buron (DPO) selama tiga tahun dan melarikan diri ke luar negeri. Kepolisian patut diapresiasi atas kinerjanya yang luar biasa dalam menangkap penjahat ini. Keberhasilan ini juga merupakan hasil dari kerja keras dan respons cepat melalui program Hotline Kapolda yang menjadi saluran laporan masyarakat.

Salah satu korban dari penipuan investasi bisnis yang dilakukan oleh oknum RG adalah Alexander Foe. Sebagai korban, Alexander merasa berterima kasih atas tindakan tegas Polda Metro Jaya dalam menangani kasus ini. Dalam keterangannya kepada media, Alexander menyampaikan bahwa RG sering melakukan penipuan dengan modus mendirikan sekolah bisnis. RG memanfaatkan semangat 'social entrepreneurship', ideologi nasionalis, dan spiritual untuk menarik minat calon muridnya. Dengan iming-iming keuntungan besar, RG berhasil merayu para calon muridnya untuk melakukan investasi dan bergabung dalam bisnisnya.

Modus operandi RG terungkap melalui program Bincang Bisnis yang diadakan secara rutin di Bandung dan Jakarta. Dalam acara tersebut, RG merekrut para calon murid yang pada akhirnya menjadi korban penipuannya. Calon murid diajak untuk menjadi member sekolah bisnis RG dan kemudian diminta untuk menyediakan dana atau mencari modal untuk bisnis yang akan dibangun bersama. Ternyata, RG telah bekerja sama dengan notaris dan bank untuk menyusun rencana jahatnya dengan sangat terstruktur dan hati-hati. Karena hal ini, ketika Alexander dan korban lainnya melaporkan kejahatannya, banyak perkara yang jatuh di ranah abu-abu hukum niaga dan korporasi.

Menyedihkan bahwa RG mengaku sebagai lulusan Harvard University dan menggunakan klaim prestisius tersebut untuk membangun reputasi palsu bagi dirinya. Dia mendirikan sekolah bisnis bernama GKMIBS (Garuda Kirana Mahardika International Business School) dengan dalih ingin memberikan pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Namun, kenyataannya adalah RG terlibat dalam kejahatan kerah putih yang diduga melibatkan banyak surat negara dan pejabat negara.

Alexander berharap, dengan bantuan Polda Metro Jaya, kasus ini akan segera terungkap dan tersangka kerah putih RG akan dihadapkan pada keadilan. Pengungkapan kejahatan ini penting untuk mempertanggungjawabkan kerugian yang dialami oleh para korban, termasuk dirinya sendiri. Semoga proses hukum dapat mengembalikan kepercayaan dan keamanan dalam dunia bisnis, serta memberikan pembelajaran bagi masyarakat tentang pentingnya berhati-hati dalam berinvestasi dan berbisnis.

Tindakan Polda Metro Jaya dalam menangkap RG juga menjadi contoh positif dalam memberantas kejahatan ekonomi di Indonesia. Semoga langkah-langkah ini dapat mendorong penguatan kerjasama antara lembaga penegak hukum, masyarakat, dan pihak terkait lainnya guna menciptakan lingkungan bisnis yang adil dan aman bagi semua pihak

Baca Juga: