RF

Apa Itu Spider Vein dan Bagaimana cara Menghilangkannya? Konsultasikan di AFK Beauty Skincare

28 Mar 2022  |  191x | Ditulis oleh : Admin
AFK Beauty Skincare

Salah satu gangguan pada kulit wajah yang perlu kita waspadai diantaranya adalah Spider Vein. Anda mungkin pernah melihat guratan merah atau garis seperti jaring laba-laba di sekitar wajah, Kondisi inilah yang disebut dengan spider vein. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, ternyata spider vein dapat mempengaruhi penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Apa penyebab munculnya garis pembuluh darah atau spider vein di wajah?

Kemunculan garis pembuluh darah di wajah khas spider vein kemungkinan besar diakibatkan oleh kerusakan dan pembengkakan pembuluh darah. Kerusakan ini menyebabkan pembuluh darah rentan “menyembul” hingga ke lapisan teratas kulit, sehingga akan lebih mudah terlihat. Spider vein tidak menimbulkan gejala lain, selain terlihatnya pembuluh darah di wajah, atau bagian tubuh lain. Kemunculan spider vein bisa terjadi pada siapa saja di usia berapapun. Ini artinya, anak-anak dan bayi pun bisa memiliki kondisi ini.

Namun, ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalaminya. Antara lain:

Keturunan
Anda akan lebih rentan memiliki spider vein jika orangtua atau saudara kandung Anda memiliki kondisi yang sama.

Sering Terpapar Sinar Matahari
Sinar matahari yang berlebih dapat memperbesar pembuluh darah. Lapisan kulit pun jadi terkelupas dan menipis sehingga membuat pembuluh darah terlihat jelas di bawah permukaan kulit.

Perubahaan Cuaca
Perubahaan cuaca yang mendadak bisa meningkatkan ukuran pembuluh darah jadi lebih lebar.

Iritasi Bahan Kimia atau Kosmetik
Bahan kimia pada kosmetik bisa merusak kulit, sehingga kulit menjadi tipis dan pembuluh darah jadi lebih terlihat.

Rosacea
Kondisi kulit ini umumnya menyebabkan kulit kemerahan. Salah satu jenis rosacea, yaitu erythematotelangiectatic rosacea, dapat menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga terlihat seperti pembuluh darah laba-laba.

Kecanduan Alkohol
Alkohol dapat membuat kulit memerah karena pembuluh darah membesar. Jika sudah kecanduan, kondisi ini bisa menyebabkan spider vein.

Cedera
Luka bekas pukulan atau tertimpa suatu benda yang keras bisa memunculkan memar. Saat itu pula, pembuluh darah bisa pecah dan jadi lebih terlihat di permukaan kulit.

Selain itu, penuaan alami, masalah pembekuan darah, riwayat operasi pada pembuluh darah juga dapat menyebabkan munculnya pembuluh darah di wajah yang terlihat jelas. Kurang olahraga juga merupakan faktor dari pembuluh darah “spider vein.”

Meski dapat terjadi pada siapa saja, kondisi ini lebih sering dialami wanita karena perubahan hormon selama puber, kehamilan, menyusui, dan menopause. 

Cara Menghilangkan Spider Vein

Spider vein bisa mempengaruhi penampilan, sehingga tak jarang jadi membuat minder. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan cara untuk mengatasi tampilan pembuluh darah di wajah Anda.

1. Pengobatan rumahan
Pengobatan dengan bahan alami ini meliputi:

  • Mengoleskan cuka sari apel ke area spider vein. Cuka sari apel sering digunakan sebagai toner dan umum digunakan untuk mengurangi kemerahan dan jumlah pembuluh darah yang pecah. Anda cukup menuangkan beberapa tetes cuka sari apel pada kapas dan oleskan ke wajah dengan lembut. Namun, cara ini sangat tidak direkomendasikan jika Anda memiliki alergi.
  • Cuci muka dengan air yang tidak terlalu dingin atau panas. Panas dapat menyebabkan pembuluh yang rusak jadi semakin banyak. Jadi, hindari mandi atau cuci muka dengan air panas. cukup pilih air hangat suam-suam kuku.

2. Pengobatan dokter
Jika Anda merasa bahwa pengobatan rumah tidak mempan, Anda boleh berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif. Umumnya dokter akan menyarankan:

  • Menggunakan krim retinoid. Krim ini sering digunakan untuk mengatasi banyak penyakit kulit, termasuk spider vein. Krim retinoid mengeringkan dapat mengurangi rasa gatal dan kemerahan di kulit.
  • Terapi laser. Jika krim retinoid tidak bekerja dengan baik, Anda bisa memilih untuk melakukan terapi laser. Sinar laser mampu menghancurkan pembuluh yang bermasalah namun bisa membuat kulit jadi lebih sensitif. Selain itu, terapi ini membutuhkan biaya yang cukup mahal karena harus dilakukan beberapa kali.
  • Sclerotherapy. Anda bisa mendapatkan suntikan agen untuk menghilangkan varises dalam waktu singkat yaitu beberapa minggu. Efek sampingnya adalah rasa sakit yang sulit hilang di area penyuntikan.
  • Terapi intens tarik cahaya (IPL).

Perawatan dengan lampu khusus yang mampu menembus lapisan kulit tanpa merusakan lapisan kulit atas. Terapi ini sering berhasil mengatasi pembuluh darah di wajah yang rusak, namun harus dilakukan beberapa kali agar hasilnya maksimal.

Setelah mengetahui apa itu Spider Vein, mungkin sebagian dari anda akan mulai mewaspadai salah satu gejala tidak normal pada kulit wajah ini. Untuk lebih bisa menjaga kulit wajah kita memang sebaiknya berkonsultasi dan melakukan perawatan di salah satu klinik kecantikan terbaik saat ini yaitu AFK Beauty Skincare. Dengan begitu gejala Spider Vein yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja bisa kita hindari.

Berita Terkait
Baca Juga: