RajaKomen

5 Siswa SMA Al Masoem Mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus dalam Pramuka

20 Des 2023  |  148x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Sebanyak lima siswa SMA Al Masoem menerima tanda kecakapan khusus (TKK) dalam Pramuka. TKK tersebut diberikan berdasarkan bidang keahlian yang telah mereka pelajari dan kuasai. Seperti dikutip dari kumparan.com dalam kepramukaan, tanda kecakapan khusus atau TKK adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik dalam suatu bidang tertentu dimana tanda kecakapan khusus bersifat opsional bagi peserta didik sehingga antara peserta didik dengan peserta didik lainnya memiliki tanda kecakapan khusus yang berbeda beda.

TKK dibagi menjadi tiga tingkatan yang disesuaikan dengan tingkatan Pramuka, yaitu:

  1. Siaga: Dasar, Madya, Utama
  2. Penggalang: Dasar, Madya, Utama
  3. Penegak: Dasar, Mahir, Utama

Selain tingkatan, TKK juga dibagi berdasarkan bidangnya. Bidang-bidang TKK meliputi:

  1. Kepramukaan
  2. Ketangkasan
  3. Kerajinan
  4. Keterampilan
  5. Kesenian
  6. Keilmuan
  7. Kemasyarakatan
  8. Keagamaan

Untuk memperoleh TKK, anggota Pramuka harus mampu menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dalam bidang tertentu. SKK berisi tentang pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka untuk memperoleh TKK tersebut.

TKK memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan anggota Pramuka
  • Sebagai motivasi bagi anggota Pramuka untuk mengembangkan diri
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota Pramuka
  • Sebagai sarana untuk memperkenalkan berbagai bidang keilmuan dan keterampilan kepada anggota Pramuka

TKK merupakan salah satu aspek penting dalam Gerakan Pramuka. TKK dapat membantu anggota Pramuka untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Tanda kecakapan khusus pramuka siaga dapat diperoleh seorang anggota Pramuka Siaga jika telah memenuhi syarat kecakapan khusus Pramuka Siaga. Tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 3 cm dan tingginya 2 cm.

5 Siswa SMA Al Masoem Mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus dalam Pramuka

Setidaknya ada Lima siswa Al Masoem yang berhasil meraih TKK dalam pramuka setelah mereka mengikuti Gerakan Pramuka di satuan kerja Pramuka Bhayangkara dan kelima siswa tersebut adalah:

  1. Muhammad Zydan Ramadhan 12 MIPA 7
  2. Muhammad Ramadhan 12 IPS 1
  3. Fathurrahman Abdul Aziz 12 MIPA 5
  4. Moch. Dhafin Faikar R 11 - 6
  5. Azhar Fauzi 12 MIPA 5

Dalam diseminasi yang diadakan pada hari Senin (18/12) Kepala SMA Al Masoem Bapak Roni Andreas Lakani S.S.,M.M mengungkapkan bahwa TKK merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para siswa dalam mempelajari dan menguasai bidang keahlian tertentu. Beliau juga berharap agar para siswa dapat terus mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kelima siswa tersebut mengaku bangga dan senang telah mendapatkan TKK. Mereka berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan mereka agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam Gerakan Pramuka, tanda kecakapan khusus (TKK) diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. Tak hanya itu, rupanya terdapat tujuan lain dalam penyematan tanda kecakapan khusus seperti memasak atau menjahit.

Sebagaimana yang disebutkan dalam buku Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Sukiyat, SH., M.Si (2020: 129) yang menyebutkan bahwa tanda kecakapan diberikan pada anggota Pramuka sebagai sebuah alat untuk menstimulasi atau merangsang anggota Pramuka agar semakin giat mengembangkan kemampuannya.

Berita Terkait
Baca Juga: